oleh

Warga NU Ganding Launching Aksi Pandemi Covid-19 Selama Ramadan

SUMENEP, Gempardata.com – Menyebarnya wabah corona virus disease 19 atau pandemi Covid-19 yang kini sudah merusak diberbagai sektor kehidupan dunia, baik sosial, ekonomi bahkan agama.

Termasuk pula di Indonesia, Pandemi Covid-19 saat ini sudah semakin berdampak negatif terhadap tatanan sendi-sendi kehidupan.

https://gempardata.com/

Hal itu menjadi tanggungjawab bersama untuk kompak melawan wabah Covid-19 yang berbahaya bagi kehidupan umat termasuk di Kabupaten Sumenep, khususnya di Kecamatan Ganding.

Untuk itu, Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Ganding Bersama Banom dan lembaganya, ISNU, ANSOR, Muslimat, Fatayat, Lakpesdam, IKA PMII, Pagar Nusa, IPNU dan IPPNU bersatu melawan Corona dengan melakukan Launching Aksi Selama Bulan Ramadan.

Kegiatan Launching itu dilaksanakan pada Jumat 24 April 2020, tepat hari pertama bulan Puasa Ramadhan, di Depan Kantor Kecamatan Ganding didukung oleh Madura IDEA Foundation dan BMT NU Jawa Timur.

Diketahui, Launching Aksi Melawan Corona selama bulan Ramaddan itu dihadiri langsung oleh, Ketua MWC NU Ganding, Seluruh ketua Banom dan Lembaga NU Ganding, Camat Ganding dan Kapolsek setempat.

Acara yang diawali dengan senam Covid-19 di ikuti Pengurus MWC NU Ganding, serta seluruh pengurus Banom dan lembaga NU Ganding sebanyak kurang lebih 100 orang di Kantor MWC NU Ganding.

Kemudian langsung berangkat ke lokasi dengan cara konvoi sambil memberi himbauan waspada Covid-19 selama perjalan sampai ke titik lokasi di depan kantor kecamatan Ganding.

Di depan kantor kecamatan dimulai dengan peringatan Hari Lahir (Harlah) PMII ke 60 tahun dengan cara bagikan masker, Hand Sanitizer, dan takjil pada pengguna jalan seperti Abang becak serta kendaraan umum dan pribadi.

Sebelum bagikan 1.000 Masker, 1.000 hand Sanitezer dan 500 takjil terlebih dahulu diawali dengan Pemutaran Himbauan untuk selalu mencuci tangan dan mengunakan masker saat keluar rumah, dilanjutkan dengan memperagakan secara bergantian oleh para Peserta Aksi.

Ketua MWC NU Ganding, Abd Syakur, S,Ag menjelaskan, launcing kegiatan MWC NU selama bulan Ramadhan akan di isi dengan beberapa kegiatan. Diantaranya, sedekah masker, Pemberian Takjil, Safari Tarawih,Tadarus Online, membangun Posko ketahanan pangan serta pendistribusian Zakat Fitrah ke fakir miskin di wilayah Kecamatan Ganding.

“Untuk Safari Tarawih kita akan focus pada masjid dan musholla serta setelah tarawih kami akan memberikan pengarahan dan memberikan masker kepada jemaah tarawih,” ujarnya usai launching, Jumat (24/4/2020).

Selain itu, Ketua PWC IKA PMII Ganding, Moh.Rusydi,SH mengatakan, pencegahan Covid-19 bukan cuma tanggungjawab Pemerintah, namun juga menjadi tanggungjawab bersama sesuai dengan Take line Harlah PMII, (60 Tahun khidmat PMII Untuk Negeri).

“Salah satunya dengan sedekah Masker, Hand Sanitizer dan takjil. Karena masker saat ini memang sulit didapatkan, karena dipasaran sudah mulai langka, untuk itu kami berikan gratis,” ungkapnya pada media ini.

Sementara Direktur Madura IDEA Foundation Sumenep, Ach. Subairi, S,kom, mengaku sangat bangga bisa bekerjasama dengan NU yang merupakan organisasi keagamaan selalu berperan aktif serta hadir untuk menjawab semua persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Karena Wabah Covid-19 merupaka Virus baru yang belum di temukan Obatnya. Jadi sudah seyongyanya semua bagian harus bergandeng tangan untuk mensosialisasikan pencegahan Covid-19 ini,” pungkasnya. (sheno/dein)

https://gempardata.com/

Berita Terbaru