oleh

Upaya Pencegahan Covid-19, Mahasiswi KKN Unimal Gelar Senam Bersama Bidan dan Kader Posyandu

BENER MERIAH, Gempardata.Com – Salah seorang mahasiswi yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung (KKN-BK) Universitas Malikussaleh di Desa Kenawat Redelong, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah bersama Bidan Desa dan ibu-ibu kader Pos Pelayanan Terbadu (Posyandu) Desa Kenawat Redelong mengajak seluruh Lansia yang ada di desa setempat untuk mengikuti senam pagi di tengah masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid 19).

Para orang tua lanjut usia (Lansia) membutuhkan perhatian khusus terutama dalam kesehatan mengingat usia Lansia sangat rentan terhadap virus Covid-19.
Senam diadakan setiap hari senin dan jumat pagi pukul 07.00 WIB di halaman Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Senam yang dilakukan para lansia berupa senam lansia dan senam irama.

https://gempardata.com/

Amalia Azzahra, Mahasiswi KKN BK Unimal, mengatakan, hal ini dilakukan untuk membiasakan masyarakat khususnya para lansia agar dapat mengatasi stres, menguatkan otot, mengoptimalkan fungsi otak, membakar kalori dan mengoptimalkan fungsi jantung demi kesehatan di tengah pandemi.

“Seperti yang kita ketahui bahwa kasus wabah virus Covid-19 di Indonesia saat ini telah mencapai lebih dari 400 ribu jiwa. Tidak pandang usia dalam menyerang targetnya, namun golongan yang sangat rentan terinfeksi virus Covid-19 ini adalah orang-orang yang berusia lanjut (lansia). Jumlah penderita dan kasus kematian akibat wabah virus Corona setiap harinya terus meningkat” kata Amalia Azzahra, Jumat (30/10/2020).

Hingga saat ini, lanjut Amalia, virus Corona terlihat lebih sering menyebabkan infeksi berat dan kematian pada orang-orang yang lanjut usia (lansia) dibandingkan orang dewasa atau anak-anak dikarenakan Sistem imun sebagai pelindung tubuh pada usia lanjut tidak bekerja sekuat orang yang masih berusia muda. Inilah alasan mengapa orang lanjut usia (lansia) rentan terserang berbagai penyakit, termasuk COVID-19.

Untuk mengurangi jumlah kasus Covid-19 di Indonesia khusunya di Bener Meriah, Provinsi Aceh, maka dari itu seluruh masyarakat di Desa Kenawat Redelong sangat mendukung adanya program Senam Lansia yang diharapkan akan terus berjalan demi kesehatan jasmani maupun rohani para Lansia dan ada di Desa Kenawat Redelong, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah.

“Senam Lansia diadakan dua kali seminggu. Senam yang dilakukan oleh para lansia yaitu senam Lansia dan senam Irama. Banyaknya manfaat senam bagi kesehatan. Pola hidup sehat seperti berolahraga (senam) merupakan cara yang sangat ampuh untuk mencegah terinfeksinya Covid-19.” Sebut Amalia Azzahra.

Selain senam untuk mencegah terinfeksinya Covid-19, program senam lansia ini juga dibarengi dengan sosialisasi bahayanya wabah Covid-19 dan tak lupa selalu mengingatkan para pesenam untuk menerapkan 3M, Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak. Hal ini dilakukan untuk memutuskan mata rantai virus Corona.

“Program senam ini sangat disambut baik oleh masyarakat Desa Kenawat Redelong, khususnya para lansia yang memiliki penyakit sepeti diabetes, jantung, stroke ringan dan lain-lain. Masyarakaat juga berharap program ini akan terus berjalan demi kesehatan para Lansia yang ada di Desa Kenawat Redelong” tutur Amel.

Dengan adanya program senam Lansia ini diharapkan seluruh masyarakat khusunya Lansia agar lebih sadar akan kesehatan jasmani maupun rohani demi menjaga tubuh agar tidak mudah terinfeksi Covid-19. Tidak hanya dengan senam, menerapkan pola hidup sehat dan menerapkan 3M ; Memakai masker, Mencuci tangan, dan
Menjaga jarak juga harus disadari dengan benar oleh masyaakat di tengah pandemi covid-19 ini.

(Manzahari/Dein)

https://gempardata.com/

Berita Terbaru