Tingkatkan Kwalitas Guru RA, PD IGRA Sumenep Gelar Bimtek

SUMENEP, Gempardata.com – Salah satu komponen yang sangat menentukan berhasil atau tidaknya penyelenggaraan pendidikan adalah guru. Guru sebagai ujung tombak pendidikan yang langsung berada di garis depan berhadapan dengan siswa dituntut memiliki kompetensi yang memadai.

Hal itu dibuktikan oleh PD IGRA Kabupaten Sumenep dengan menggelar Bimtek dan Pelatihan Peningkatan Kopetensi Kepala Raudhatul Athfal (RA) se Kabupaten Sumenep, yang bertempat di Aula Hotel Utami, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Rabu, (18/9/2019).

https://gempardata.com/

Kegiatan Bimtek tersebut diikuti sebanyak 115 peserta, yang terdiri dari wilayah daratan dan kepulauan, sementara untuk kepulauan terdiri dari 1 Kecamatan Talango, 2 dari Kecamatan Gayam, 7 dari Kecamatan Giligenting.

“Kegiatan bimtek ini merupakan tindak lanjut dari program kerja pimpinan wilayah provinsi jatim di bidang pendidikan dengan tiga pemateri yang kami datangkan dari Universitas Negeri Malang dan kementrian agama wilayah provinsi jatim Leksono, Kabid kementrian wilayah Jawa Timur.” kata Masruji, Ketua PD IGRA Kabupaten Sumenep di sela-sela kegiatan.

Menurutnya, kegiatan ini guna meningkatkan kopotensi kepala RA, sehingga semua kepala/calon kepala RA nanti dapat profesional sesuai dengan regulasi peraturan mentri agama nomer 58 atau nomer 24 tentang kepala Madrasah atau RA harus bersertifikat.

“Sararan kita adalah kepala RA/calon kepala RA, karena untuk memenuhi peraturan mentri agama nomer 58 atau 24 yang baru. Sertifikat ini untuk memehuni regulasi sesuai dengan peraturan mentri agama, bahwa setiap kepala Madrasah atau Kelapa RA harus memeliki sertifikat.” ucapnya.

Lanjut Masruji menjelasakan, Bimtek dilakukan selama 5 hari terhitung tanggal 18-22 Sepetember 2019 dengan rincian, 2 hari jam tatap muka, 3 hari adalah tugas mandiri dan monitoring/kunjungan dari pengurus Pimpinan Daerah (PD) nanti akan mengevaluasi atau meninjau bagaimana tindak lanjut kegiatan tugas mandiri yang dilakukan di lembaganya masing-masing.

Untuk di Kabupaten Sumenep baru pertama kali dilaksanakan walaupun sebenarnya dulu pernah dilakasanakan ditahun 2010 dilakukan pendidikan dan pelatihan yang di selenggarakan oleh balai diklat.

“Sementara, untuk tahapan berikutnya, kami masih memunggu komfirmasi dari pimpinan IGRA wilayah jatim dan UI Malang, karena PW IGRA ini yang bekerja sama dengan UI Malang.” terangnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan ini, seluruh peserta yang sudah mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan kopetensinya dan bisa mengaktualisasikan nanti di lembaganya masing-masing serta dapat mengimbaskan kepada teman-teman guru dilingkungan kerjanya, sehingga nanti kedepan bisa memperbaiki atau meningkatkan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) mulai dari kepala, guru dan siswa.

“Semoga dapat memahami bagaimana sebenarnya pendidikan anak usia dini, agar para peserta kedepan tidak salah melaksanakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan usianya.” harapnya Masruji, Ketua PD IGRA Kabupaten Sumenep.

Pelatiha tersebut bekerjasama denga PW IGRA Provinsi Jawa Timur dan Universitas Negeri Malang, termasuk juga kelompok kerja kepala RA Kabupaten Sumenep. (seno/why)

https://gempardata.com/