Tingkatkan Ekonomi Rakyat 2019, DPMD Sumenep Gelar Sosialisasi Prukades

SUMENEP, Gempardata.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep menggelar Sosialisasi Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat tahun 2019, bertempat di Hotel Utami Sumenep, Madura, Jawa Timur, Jumat (22/11/2019).

Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 Wib dihadiri oleh Kasi Pembangunan Kawasan Perdesaan Dinas Provinsi Jatim, Bandung Jatmiko, ST, M.Si., Kabid PUEM Dinas PMD Sumenep, Tabrani, S.TP., Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa, Para Kepala Desa wilayah IKK Se-Kabupaten Sumenep, Ketua BUMDes Desa IKK se-Kabupaten Sumenep.

https://gempardata.com/

Sosialisasi yang melibatkan 114 undangan terdiri dari, Kepala Desa IKK sebanyak 38 orang, serta Ketua BUMDes 38 orang dan pelaku ekonomi lokal sejumlah 38 orang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh.Ramli, S.Sos. M.Si menyampaikan, acara sosialisasi Prukades ini dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Sumenep.

Pembangunan Nasional pada hakikatnya merupakan upaya dalam mewujudkan suatu tujuan dari negara, pembangunan bukan hanya tugas dari pemerintah, tapi pemerintah hanya mewakili kepentingan seluruh lapisan Masyarakat.

“Pembangunan dilaksanakan langsung oleh masyarakat dari tingkat Global sampai tingkat terkecil yaitu masyarakat desa.” kata Ramli saat membuka Sosialisasi PRUKADES.

Menurut Ramli, sejak diberlakukannya dana desa, pemerintah desa mewajibkan membentuk badan usaha milik desa (BUMDes), bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat desa.

“Masyarakat dituntut untuk ikut berpartisipasi dalam mengalokasikan dana desa (DD) dengan menggali potensi desa yang akan dikembangkan sebagai badan usaha yang dikelola oleh masyarakat desa itu sendiri,” Jelasnya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan Sosialisasi pengelolaan produk unggulan kawasan perdesaan ini, desa diharapkan harus memiliki spirit untuk mengoptimalkan potensi kerja sama antar desa, dengan bekerja sama antar desa tersebut dapat mempercepat dalam mewujudkan pembangunan perdesaan.

“Semoga kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk menggali potensi-potensi yang dapat dikembangkan di kawasan perdesaan, agar dapatnya segera ditindaklanjuti dengan turut melibatkan berbagai stakeholder, baik dari pemerintah pusat, daerah, perguruan tinggi, maupun swasta,” terangnya.

Selain itu, Muzanni salah satu peserta mengungkapkan rasa syukur bisa mengikuti acara sosialisasi ini, banyak ilmu nantinya yang akan didapat guna meningkatkan kwalitas ekonomi melalui BUMDes di Desanya.

“Ini bentuk apresiasi dari pemerintah kepada masyarakat desa, kita secepatnya akan bersosialisasi di bawah agar potensi-potensi di desa bisa dikembangkan dengan maksimal,” pungkasnya. (sheno/why)

https://gempardata.com/