Sumenep Dilanda Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak

SUMENEP, Gempardata.com — Angin puting beliung yang memiliki kekuatan dahsyat melanda 4 desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sekitar pukul 13.00 WIB, Minggu (10/3/2019) kemarin.

Dari beberapa Informasi yang di himpun Gempardata.com mengungkapkan, ada empat Desa yang dilanda puting beliung yaitu Desa Talang dan Desa Kambingan Timur, Kecamatan Saronggi. Sementra dua Desa lainnya masuk wilayah Kecamatan Lenteng, yakni Desa Poreh dan Desa Tarogan.

https://gempardata.com/
Para petugas dari TNI dan warga bantu membersihkan puing puing akibat puting beliung

Angin yang berkekutan besar itu tiba-tiba melanda daerah tersebut bersamaan dengan hujan deras. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

 

Abd Rahman Readi Kepala BPBD Kabupaten Sumenep, menyampaikan, data sementara yang dilaporkan, akibat puting beliung melanda dua kecamatan, yakni Kecamatan Lenteng dan Saronggi.

“Di Lenteng itu, melanda Desa Tarogan. Ada 46 rumah warga yang rusak di sana, baik plafon maupun pada bagian gentingnya,” katanya, Senin (11/3/2019).

Sedangkan di Kecamatan Saronggi melanda Desa Talang dan terdata baru empat rumah, dan Desa Kambingan Timur lima rumah.

“Itu data sementara, baik rumah warga yang mengalami rusak ringan, sedang dan berat.” sambungnya.

Saat peristiwa, aparat dari Muspika setempat kompak langsung ke lokasi dan membantu warga untuk membersihkan puing-puing rerentuhan rumah warga.

Abd Rahman Readi juga menambahkan, pihak relawan dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) Kabupaten Sumenep juga sedang melakukan pendataan kerusakan dan kerugian yang dialami warga.

“Jumlah korban (kerudakan rumah) akibat puting beliung ini bisa saja bertambah, karena semua pihak di lapangan masih melakukan pendataan sambil membantu warga untuk bersih-bersih dan melakukan perbaikan ringan,” Imbuhnya. (seno/why)

https://gempardata.com/