oleh

Sopan dan Ksatria sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka, Berikut Penjelasan KetuPel PerJumTuMing

GemparData.Com-Sumenep,-  Berkemah atau Perkemahan adalah salah satu macam kegiatan dalam kepramukaan yang dilaksanakan secara out bond. Kegiatan ini dinamakan PERJUMTUMING ( perkemahan Jum’at,Sabtu, Minggu) ini merupakan salah satu media pertemuan untuk Pramuka., Jum’at (19/08/22)

Tujuannya, PERJUMTUMING Kwarran ( Kwartir Ranting) gerakan pramuka Kalianget,  memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, menjaga lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam.
Mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, menyadari tidak ada sesuatu yang berlebih di dalam dirinya, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan.
Membina kerjasama dan persatuan dan persaudaraan.

https://gempardata.com/

Kwarran ( Kwartir ranting) gerakan Pramuka Kalianget mengangkat tema ” MENGABDI TANPA BATAS UNTUK MEMBANGUN INDONESIA TANGGUH ” di kegiatan PERJUMTUMING.

Dari tema  inilah Kwarran Kalianget memberikan nafas baru dan yang mengawali Perjumtuming di Kab. Sumenep terhadap siswa siswi SD( Sekolah Dasar ) yang diikuti seluruh Sekolah Dasar /MI Se- Kec. Kalianget. 500 siswa siswi , 24 putra, 24 putri plus 1 MI Yang bertempat di lapangan Trunojoyo Jl. Brawijaya areal perumahan PT Garam Desa Kalianget timur, Kec. Kalianget Kab. Sumenep. Dalam rangka  HUT ke 77 Republik Indonesia yang digelar 19– 21 Agustus 2022.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Harian ,Drs. H. Moh. Sirad Aidy, M.Si dan membuka langsung kegiatan PERJUMTUMING ini. Turut hadir dalam acara ini, Dirut PT Garam, Bank BPRS  Forpimka , pengawas sekolah , Kapus Kalianget dan tokoh masyarakat.

 A. Yudhi Hari Purnomo, SPd.MM yang akrab disapa Kak Yudhi Kae selaku ketua panitia kegiatan Perjumtuming menyatakan, sangat mengapresiasi para anak-anak Pramuka agar turut mengasah diri untuk lebih baik sebagai generasi penerus bangsa, katanya

” Menanamkan sejak dini jiwa patriot yang sopan dan kesatria sesuai dengan bunyi Dasa Dharma Pramuka sebagai salah satu pilar pendidikan generasi muda, dituntut dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan permasalahan”.

Harapannya, diKegiatan ini dapat melahirkan generasi bangsa yang benar benar tangguh dan mengabdi dengan tulus terhadap busa dan bangsa, imbuh kak Yudhi Kae 

Hakiki Plt Camat Kalianget, menyampaikan  sebagai benteng dari seluruh permasalahan bangsa adalah dengan menggiatkan generasi muda dengan kegiatan kepramukaan. Harapannya dengan ikut sertanya kaum muda ke dalam kegiatan pramuka akan dapat membentuk kaum muda yang berkarakter dan handal, tuturnya.

” Yang sanggup menghadapi berbagai macam tantangan, sanggup menghadapi berbagai persoalan di negeri ini, serta sanggup untuk menatap masa depan dengan lebih baik, Oleh karena itu, gerakan pramuka masih dan akan tetap relevan dengan perkembangan zaman, imbuhnya.

Kiki sapaannya,  juga menyebut, gerakan pramuka merupakan wadah pembinaan generasi muda yang disiapkan menjadi kader yang memiliki kemampuan dan keterampilan, tegasnya.

Untuk itu, setiap anggota pramuka dididik untuk mempunyai karakter, sikap mental, dan kecakapan hidup dalam menghadapi setiap permasalahan. Artinya, secara garis besar, banyak hikmah yang dapat dipetik dengan mengikuti kegiatan pramuka, tutup Plt Camat Kalianget pada media GemparData.com.

Dan Acara pembukaan Perjumtuming ini  di hibur dengan kesenian daerah musik tongtong BALADEWA Kalianget.(read-One/red)

https://gempardata.com/