Semarak Harjad ke 750, Pemkab Sumenep Gelar Lomba Gerak Jalan Tradisional

SUMENEP, Gempardata.com – Lomba gerak jalan tradisional tahun 2019 tergelar. Kegiatan tersebut masih dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang ke-750. Sabtu, (19/10/2019) malam.

Gerak jalan tradisional tersebut dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep.

https://gempardata.com/

Peserta terdiri dari perseorangan dan beregu baik dari instansi pemerintah, lembaga pendidikan, serta masyarakat umum.

Lomba yang diikuti sebanyak 89 peserta/regu dengan rincian yakni sebanyak 70 regu putra dan 19 regu putri, sedangkan peserta perorangan sebanyak 19 orang.

Peserta dilepas dari garis start yang berlokasi di depan rumah Dinas Bupati dan finish di Lapangan Kesenian Sumenep (LKS) Gotong royong tersebut dihadiri oleh Dinas Daerah Kabupaten Sumenep, Forkopimda, Pimpinan OPD dan Camat serta para undangan.

Sebelum para peserta dilepas, dalam sambutannnya Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, diadakannya kegiatan ini merupakan bentuk upaya kebersamaan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

“Setiap bulan setiap tahun kita selalau mengadakan acara bersama masyarakat terlebih dalam rangka kebersamaan menjaga persatuan dan kesatuan kita bersama.” kata Bupati Busyro Karim.

Menurutnya, boleh kita punya SDM yang unggul boleh kita punya SDA yang melimpah serta potensi-potensi wisata yang baik tetapi untuk membangun sumenep itu tidak cukup. Karena aset yang paling utama adalah kekompakan kebersamaan kita satu pandang dalam rangka membangun Kabupaten Sumenep.

“Oleh sebab itu, jangan hanya dibaca karena hari jadi, ini tidak hanya persoalan tentang tradisi dan budaya tetapi yang utama adalah kebersaan kita semua khususnya masyarakat Sumenep.” ucapnya.

Untuk itu, diharapkan momentum Hari Jadi Kabupaten Sumenep tahun ini menjadi pemicu semangat kebersamaan dalam satu pandangan untuk membangun daerah ke arah yang lebih baik dan sejahtera masyarakatnya.

“Mudah-mudahan acara yang digelar setiap tahun itu menyatukan gerak pembangunan yang serasi, selaras, kompak dan cepat menuju cita-cita bersama.” tutupnya.

Selain itu, Moh. Iksan, S.Pd, MT, Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep mengungkapkan, peserta lomba gerak jalan tradisional beregu dan perorangan, diikuti sebanyak 89 regu, yakni sebanyak 70 regu putra dan 19 regu putri, sedangkan peserta perorangan sebanyak 19 orang.

“Peserta menempuh jarak 10 kilometer dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp15 juta. Pemenang dipilih untuk putra sebanyak 6 regu dan putri sebanyak 6 regu, sedangkan perorangan sebanyak 3 orang.” jelasnya.

Dia menambahkan, setiap peserta lomba gerak jalan tradisional mendapat kupon berhadiah yakni hadiah utama satu unit sepeda motor dan hadiah hiburan lainnya.

“Peserta lomba itu bersifat umum tidak ditarik biaya dengan menempuh jarak 10 kilometer, dengan start di depan rumah Dinas Bupati dan finish di Lapangan Kesenian Sumenep (LKS) Gotong Royong.” pungkasnya. (seno/why)

https://gempardata.com/