oleh

Raih APE 2020, Bupati Sumenep Berharap Menjadi Evaluasi Bersama, Ke Depan Semakin Inovatif Dalam Mewujudkan Kesetaraan Gender.

SUMENEP, Gempardata.com (15/10/2031) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Penghargaan ini diharapkan bisa menambah semangat seluruh stakeholder agar terus saling mendukung dalam upaya pemberdayaan perempuan dan anak khususnya dalam aspek pembangunan.

https://gempardata.com/

“Tentu saja, Pemkab Sumenep setelah mendapatkan penghargaan APE, terus berupaya mewujudkan kesetaraan gender melalui pengarusutamaan gender (PUG) agar berkiprah dalam pembangunan,” ujar Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, Kamis (14/10/2021).

Menurut politisi muda PDI Perjuangan, penghargaan APE hendaknya menjadi bahan evaluasi bersama agar ke depan semakin inovatif dalam mewujudkan kesetaraan gender.

“Yang jelas, prestasi ini harus meningkatkan komitmen seluruh elemen di daerah untuk mengembangkan pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak,” tegas dia.

Selain itu, pihaknya juga tak lupa mengapresiasi Kementerian PPPA yang telah menginisiasi diselenggarakannya APE 2020 sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender.

“Alhamdulillah, kita bisa meraih Penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tahun 2020 kategori Madya, bahkan juga mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak peringkat Pratama tahun 2021,” tambah Fauzi.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (PIt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Sumenep, Kadarisman menyebutkan, penghargaan APE tahun 2020 terdiri dari 4 tingkatan yang pertama adalah Pratama, yang kedua Madya, ketiga Utama dan keempat tingkat Mentor.

“Tahun 2020 ini untuk Kabupaten Sumenep tahun memperoleh penghargaan APE tingkat Madya, jadi naik satu tingkat dari penghargaan sebelumnya,” tukasnya. (Ard)

https://gempardata.com/