oleh

Pilkades Serentak 2020 Terancam Gagal, Ini Penjelasan Kadis PMD Sumenep

SUMENEP, Gempardata.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, berencana menggelar Pemilihan Pilkades serentak tahun 2020. Namun pilkades serentak tersebut terancam gagal dilaksanakan.

Pasalnya, jika pandemi Covid-19 hingga akhir Juni 2020 belum juga dikatakan usai oleh pemerintah, pemilihan tersebut bisa ditunda ke tahun 2021 mendatang.

https://gempardata.com/

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli kepada awak media, Senin (27/4/2020).

“Apabila awal Juni wabah virus corona ini habis, maka menjadi pertimbangan kami untuk dipertimbangkan tetap di laksanakan. Tapi jika sampai akhir Juni belum selesai kemungkinan akan ditunda pada tahun berikutnya,” katanya.

Di sisi lain, Ramli menjelaskan, pelaksanaan Pilkades serentak merupakan kewajiban dari amanah Peraturan Bupati (Perbup) untuk dilaksanakan tahun 2020. Bahkan menurutnya secara teknis sudah tuntas tinggal melaksanakan saja.

“Amanah Perbup pilkades serentak dilaksankan pada tahun 2020 dan 2026. Regulasinya sudah ada semua,” ungkapnya.

Disamping itu, meski Kabupaten Sumenep sudah ada 4 orang yang dinyatakan terpapar positif Covid-19. Menurutnya, anggaran untuk Pilkades serentak tetap aman ada di Kasda. “Untuk anggaran Pilkades tetap tidak berubah,” tegasnya.

Meski anggaran Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) dialihkan pada penanganan Covid-19. Namun untuk anggaran Pilkades tidak berubah Rp 7 Miliar diambil dari APBD 2020. Karena Kemendagri meminta kepala daerah untuk tidak mengalihkan anggaran Pilkades.

“Karena regulasinya Pilkada dan Pilkades ini berbeda, maka jelas anggarannya juga berbeda. Anggaran Pilkades tetap tidak ada perubahan. Jadi jika dibutuhkan langsung bisa digunakan,” tutupnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Sumenep merupakan pertama kali menerapkan pelaksanaan Pilkades serentak sejak tahun 2013. Terakhir digelar pada tahun 2019 lalu dengan jumlah desa sebanyak 226 dari 330 desa di Sumenep.

Sedangkan tahun 2020 terdapat 86 Desa dari 27 Kecamatan baik di daratan maupun Kepulauan direncanakan pelaksanaan Pilkades di bulan November, dan pelantikan akan digelar bulan Desember 2020. (Sheno/dein)

https://gempardata.com/

Berita Terbaru