oleh

Pemkab Sumenep Potong 38 Hewan Qurban

SUMENEP, Gempardata.com — Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Sosial seperti biasa setiap tahun melaksanakan kegiatan penyembelihan dan penyaluran hewan qurban, yang dibagikan kepada kaum dhuafa, fakir miskin, pasukan kuning, abang becak serta masyarakat sekitar yang ekonominya lemah.

Penyembelihan dan Penyaluran Hewan Qurban tersebut dilakukan sejak pukul 08.00 WIB dihadiri oleh Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si., Kepala Dinas Pariwisata Sumenep, Drs. Carto, MM., Kepala Dinas Peternakan Semenep, Ir. Bambang Heriyanto, M.Si., Kepala Dinas Perhubungan Sumenep, Drs. Agustiono Sulasno, MH, Ketua Penggerak PKK Sumenep, Nurfitriana Busyro Karim., Dan sejumlah OPD Kabupaten Sumenep serta para penyalur dan penerima hewan qurban yang bertempat di halaman belakang Kantor Bupati Sumenep, Jl. Dr. Cipto No. 33 Sumenep, Madura, Jawa Timur.

https://gempardata.com/

Drs. H. R. Akhmad Aminullah, M.Si, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep menyampaikan, hasil pengumpulan hewan Qurban yang berhasil diperoleh dari Dinas, Badan, Kantor, Bagian, BUMN, BUMD, dan Instansi Vertikal di lingkungan Pemkab Sumenep keseluruhan berjumlah 38 ekor dengan rincian sapi 12 ekor, dan kambing 26 ekor.

“Jumlah tersebut menurun apabila dibandingkan dengan hasil pengumpulan tahun 2018. Tahun 2018 dapat mengumpulakan sebanyak 45 ekor dengan perincian sapi sebanyak 14 ekor dan kambing sebanyak 31 ekor.” kata Aminullah dalam sambutannya. Minggu, (11/8/2019).

Sedangkan pengumpulan Hewan Qurban yang di himpun atau di koordinir pihak Kecamatan yang di bagikan kepada masyarakat di sekitar Kecamatan, masing-masing berjumlah 23 ekor dengan perincian sapi sebanyak 2 ekor dan kambing sebanyak 21 ekor.

“Dari 3 Kecamatan diantaranya yaitu, Kecamatan Dungkek sapi 1 ekor dan kambing 10 ekor, Kecamatan Batang-Batang sapi 1 ekor dan kambing 5 ekor, dan Kecamatan Gapura kambing 6 ekor. Dengan demikian, maka Kecamatan Dungkek sebagai pengumpul hewan qurban terbanyak pada Idul Adha tahun ini.” jelasnya.

Sementara, jumlah lembaga atau penyalur yang mengajukan permohonan secara tertulis untuk membantu menyalurkan hewan qurban yang kami terima sampai 6/08/2019 sebanyak 98 pemohon yang terdiri dari Masjid sebanyak 9 pemohon, Mohsolla/Langgar sebanyak 33 pemohon, dan Yayasan sebanyak 9 pemohon serta Orsos/Orsosmas sebanyak 47 pemohon.

Dengan mekanisme penyaluran hewan dan daging qurban yang diarahkan kepada sasaran dengan perincian yakni, kaum dhuafa, fakir miskin, pasukan kuning, abang becak serta masyarakat sekitar yang ekonominya lemah.

“Sebanyak 320 kupon dengan hitungan per paket 1kg daging hewan qurban, sedangkan lembaga pemohon yang membantu menyalurkan sebanyak 26 lembaga berupa 1 ekor kambing. Lembaga pemohon yang siap membantu menyalurkan sebanyak 66 lembaga berupa 5 paket (kupon) masing-masing 1kg daging Hewan Qurban.” terangnya.

Sementara usai menyerahkan secara simbolis Hewan Qurban, Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si., mengatakan bahwa, penyembelihan dan penyaluran Hewan Qurban 1440 Hijriyah/2019 Masehi bertujuan untuk meneladani keikhlasan dan ketaan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismael. Sebagai tanda syukur atas rejeki yang Allah SWT berikan kepada kita.

“Hal itu untuk mencegah manusia dari rasa tamak dan rakus, menumbuhkan rasa saling berbagi untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu dan melatih semangat berkorban demi kepentingan orang lain dalam kehidupan sehari-hari serta mempererat tali silaturrahim di antara kita.” ucap Bupati Sumenep Busyro Karim.

Selain itu, Bupati Sumenep berharap, untuk tahun depan pengumpulan Hewan Qurban yang berhasil dikumpulkan oleh Pemkab didaerahnya dapat ditingkatkan, karena dengan berkurban mengajarkan kepada umat islam, bagaimana cara bersyukur atas rezeki yang diperoleh. Dan pada penyaluran Hewan Qurban ini dapat tepat sasaran.

“Saya berharap tahun depan mendapat jumlah Hewan Qurban di lingkungan Pemkab Sumenep ini dapat meningkat, karena berqurban ini mengajarkan kepada kita semua bagaimana cara bersyukur atas rezeki yang kita peroleh.” harapnya.

Pada saat yang sama, Bupati Sumenep melakukan dialogue interaktive dengan camat Dungkek, karena berhasil mengumpulkan hewan kurban terbanyak yakni 1 ekor sapi dan 10 ekor kambing. (seno/why)

https://gempardata.com/