oleh

Pemkab Sumenep Gelar “Gemarikan” untuk Meningkatkan Nilai Ekonomis Produksi Perikanan

SUMENEP, Gempardata.com — Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Sumenep menggelar “Gemarikan” (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) dengan tajuk “Ragam Menu Masakan Ikan untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat”. Yang bertempat di area sebelah timur Taman Bunga (TB) Sumenep, Madura, Jawa Timur. Rabu, (3/7/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sumenep beserta Ibu, Sekretaris Daerah (Sekda), Ketua DPRD Sumenep, Forkopimda, Dandim 0827/Sumenep, Kapolres Sumenep, Kejaksaan Negeri Sumenep, Ketua PN, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur, dan semua Pimpinan OPD bagian perbankkan, staf Camat se Kabupaten Sumenep, serta unsur PKK dan seluruh peserta lomba Gemarikan pada tahun ini.

https://gempardata.com/

Dalam menyemarakkan Gemarikan tersebut, juga diadakan kegiatan Sosialisasi Gemarikan, lomba mewarnai tingkat Taman Kanak-kanak (TK) atau Pendidikn Anak Usia Dini (PAUD) sebanyak 130 peserta, sekaligus lomba memasak berbahan dasar ikan jenis tengiri, lele dan nila dalam menu keluarga.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Arif Rusydi, menyampaikan, sesuai surat keputusan Menteri Perikanan dan Kelautan RI No.Kep.29/man/2010 tentang Forum Peningakatan Konsumsi Ikan Nasional. Dan keputusan Gubernur Jawa Timur No.188/13/kpps/013/2010 tentang Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Jawa Timur. Serta surat keputusan Bupati Sumenep. No.188/404/Kep/435.01/2017 tentang Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kabupatrn Sumenep.

Dan dilaksanakan gebyar Gemarikan yang diselenggarakan setiap tahun ini sebagai upaya memperkuat sisi kelembagaan dalam merangka peningkatan konsumsi ikan yang struktur kemanusiaannya terdiri dari unsur Pemerintah, PKK, dan Asosiasi Perikanan di Kabuapten Sumenep. Serta mengajak masyarakat untuk gemar mengonsumsi ikan. Sebab, dengan makan ikan dapat membuat tubuh kita menjadi sehat, kuat dan cerdas.

“Setiap tahun kegiatan ini di selenggarakan, dalam upaya mengajak masyarakat gemar mengkonsumsi ikan, agar masyarakat tau bahwa dengan mengkonsumsi ikan membuat tubuh kita menjadi sehat, kuat dan cerdas.” paparnya.

Menurutnya, Gemarikan diharapkan mampu mendorong proses Sosialisasi dan Simigrasi kegiatan yang ada di seluruh intansi untuk mendukung peningkatan dan pemerataan konsumsi ikan di Kabupaten Sumenep.

“Sehingga, diharapkan terjadi peningkatan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM), karena secara medis konsumsi ikan dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan.” terangnya.

Selain itu Arif Rusydi juga mangatakan, tujuan yang diinginkan melalui kegiatan ini adalah untuk meningkatkan nilai ekonomis produksi perikanan, khususnya budi daya ikan lele, yang di harapkan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, dan dapat mendorong tercapainya ketahanan pangan, serta mempersiapkan Generasi Emas Indonesia pada tahun 2050.

“Tingkat konsumsi ikan pada akhir 2018 mencapai angka 55,49 kg perkapita pertahun, dan angka ini diatas rata-rata angka konsumsi ikan di Jawa Timur dan tingkat Nasional. Di mana untuk jawa timur rata-rata mencapai 36,45 kg perkapita pertahun. Sedangkan tingkat Nasional mencapai 50,64 kg perkapita pertahun.” jelasnya.

Di samping itu, pihaknya menambahkan, oleh sebab itu, untuk meningatkan konsumsi ikan di Kabupaten Sumenep di perlukan juga upaya-upaya kerja sama dengan berbagai pihak secara terus menerus mulai sejak dari pelaksanaan kegiatan ini.

“Selain kegiatan Gemarikan itu, nanti juga akan dilakukan bagi-bagi ikan secara gratis kepada masyarakat, terutama masyarakat yang tidak mampu. Kami akan lakukan pembagian ikan secara gratis terhadap masyarakat yang kurang mampu” imbuhnya.

Sementara itu, sebagai laporan bahwa nanti Pada tanggal 11-Juli-2019 Kabupaten Sumenep akan mengikuti lomba Forikan tingkat Provinsi Jawa Timur, “Kami mohon dukungan dan doanya, semoga Kabupaten Sumenep bisa meraih juara, sehingga bisa kembali mewakili Jawa Timur ke tingkat Nasional.” tutupnya. (seno/why)

https://gempardata.com/