oleh

Pemkab Bangkalan Terima Penghargaan Pencapaian Kapabilitas APIP Level 3 Dari BPKP Jatim

BANGKALAN, Gempardata.com (8/12/2021) – Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Bangkalan menerima penghargaan pencapaian Kapabilitas APIP ( Aparat Pengawas Intern Pemerintah ) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan ( BPKP ). Piagam penghargaan tersebut langsung di terima Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan Drs Mohni MM, Selasa kemarin (7/12/2021).

Kepala Perwakilan BPKP Jawa Timur Alexander Rubi Setyoadi memberikan langsung Kepada Wakil Bupati ( Wabup ) Bangkalan Drs Mohni MM, dan mengucapkan selamat kepada Pemkab Bangkalan atas pencapaian tersebut.

https://gempardata.com/

“Dengan pencapaian ini, Alexander ingin Pemkab melalui inspektorat melaksanakan pengawasan sesuai aturan kinerja. Dia juga berharap prestasi ini dipertahankan atau ditingkatkan.
Sehingga inspektorat bisa menjadi advisor bagi kepala daerah melaksanakan pembangunan,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bangkalan Drs Mohni MM menyampaikan terimakasih kepada BPKP Provinsi Jatim atas penghargaan ini. Wabup menegaskan, penghargaan ini sebagai pemompa semangat Pemkab utamanya inspektorat dan semua OPD dalam meningkatkan kinerja. Pencapaian ini, kata Wabup, tidak terlepas dari bimbingan dan binaan perwakilan BPKP Provinsi Jatim.

“Dalam Hal tersebut membuat kami bersyukur dan lebih semangat menjalankan roda pemerintahan di Bangkalan untuk meningkat kinerja kami,” ujar Wabup.

Lanjutnya, Wabup Berharap dukungan dari Perwakilan BPKP Jatim yang selama ini berjalan, tidak berhenti. Namun terus ditingkatkan agar prestasi Kabupaten Bangkalan lebih meningkat.

“Pemkab Bangkalan bersyukur karena telah benar-benar melakukan sesuai aturan perundang-undangan. Dengan demikian kita dapat penghargaan ini,” jelasnya.

Selain itu, dalam keterangan tertulisnya Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengatakan penghargaan yang baru saja diterima ini membutuhkan komitmen bersama, sehingga dapat mengantarkan lembaga yang mempunyai tugas pengawasan di daerah bisa meraih capaian Kapabilitas APIP Level 3.

“Dengan pencapaian Kapabilitas APIP Level 3, Inspektorat Kabupaten Bangkalan diharapkan bisa dijadikan tempat berkonsultasi dan bisa memberi keyakinan yang memadai atas tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal bagi perangkat daerah,” katanya.

Pencapaian KP-APIP Level 3 ini merupakan salah satu indikator sasaran untuk mewujudkan tujuan Misi ke-2 dalam RPJMD 2018-2023, yakni “Menyelenggarakan Birokrasi yang Profesional dan Berintegritas Tinggi”.

Bupati Ra Latif berharap para pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangkalan menjadikan penghargaan pencapaian Kapabilitas APIP Level 3 sebagai momentum untuk bekerja lebih baik. APIP sebagai garda terdepan untuk menjaga integritas yang di dalamnya ada kapasitas dan loyalitas.

“Harus tetap melakukan pemantauan secara terus menerus dan koordinasi dengan BPKP tentang tata kelola keuangan dan pembangunan,” pintanya. (Red/team)

https://gempardata.com/