oleh

Pemerintah Desa Dasuk Barat Realisasikan BLT-DD Tahap 1

SUMENEP,Gempardata.com – Pemerintah Desa Dasuk Barat, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Semenep, Madura, Jawa Timur mendistribusikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), bertempat di Pendopo Balai Desa setempat.

Penyerahan BLT-DD Tahap 1 dimulai pukul 09.00 Wib, diberikan langsung oleh Kepala Desa untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tersebut dihadiri oleh Camat Dasuk, Sumarsono, SH, M.Si, Danramil dan Polsek Dasuk, Bank BPRS, serta seluruh perangkat desa.

Pembagian bantuan itu sebagai bentuk tanggungjawab Pemerintah Desa mengacu Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Proses penyerahan BLT-DD Tahap 1 yang dikucurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akibat terdampak pandemi Covid-19 sebanyak 55 Kepala Keluarga (KK) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Warga di wajibkan bermasker, mencuci tangan kemudian diukur suhu tubuhnya.

Samhadi, Kepala Desa Dasuk Barat, mengatakan, bantuan ini diperuntukkan bagi warga yang memenuhi kriteria dan datanya sudah dimusyawarahkan oleh Musdes. Warga yang tidak boleh menerima BLT adalah warga yang sudah mendapatkan bantuan dari APBD atau APBN.

“Misalnya, penerima PKH, BPNT dan lainnya. BLT tersebut sasarannya adalah orang miskin, dan orang kehilangan pekerjaan karena pandemi Covid-19 dengan besaran bantuan berupa uang sebesar Rp. 600.000,” ungkapnya, Selasa (21/7/2020).

Dijelaskannya, pendataan awal dilakukan Kepala Dusun, hasilnya kemudian dibawa ke dalam forum Musyawarah Desa (Musdes). Dalam musdes itu melibatkan kami selaku kepala desa, Babinsa, Babinkamtibmas, BPD, pendamping lokal desa dan pendamping PKH.

“Hasil pendataan awal kami melibatkan kepala dusun (Kadus) yang dibantu oleh RT setempat, dan dilakukan verifikasi ulang. Untuk memastikan BLT tepat sasaran,” jelas Samhadi.

Selain itu, Kades muda yang murah senyum itu mengungkapkan bahwa bantuan ini diharapkan tersalurkan kepada warga masyarakat desa yang terdampak secara ekonomi dengan adanya wabah Covid-19.

“Terimakasih banyak atas bantuan dan bimbingan Bapak Camat Dasuk, Sumarsono, SH, M.Si yang sudah mengawal mulai dari proses perencanaan sampai pelaksanaannya,” terangnya.

Diakhir sambutannya, Kades Samhadi berharap tidak ada persoalan baru, karena dana bantuan ini disalurkan untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Kepada masyarakat penerima BLT-DD ini kami meminta agar dapat mensyukuri dan memanfatkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya sehari-harinya,” pungkasnya. (sheno/dein)

https://gempardata.com/

Berita Terbaru