Pelaku Dugaan Dumping Limbah Medis B3 Dilaporkan ke Polres Sampang 

SAMPANG, Gempardata.com — Setelah sebelumnya dua oknum pelaku pembuang limbah medis Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang di dumping (dibuang) sembarangan di lingkungan peekampungan dipergoki aktivis saat hendak membuang limbah B3 dimaksud, kini dua organisasi aktivis telah melaporkannya ke pihak Polres Sampang, Jawa.Timur.

“Iya kasus ini kami laporkan ke Mapolres Sampang, dan kami berharap pihak kepolisian bisa mengusut tuntas kasus ini agar ada efek jera” terang Ilham salah satu Aktivis Kota Bahari sebutan Kabupaten Sampang, Minggu (23/6/2019).

https://gempardata.com/

Saat kejadian itu dua orang pekerja dari salah satu klinik kesehatan di Sampang dipergoki LSM GMBI dan GPN ketika hendak membuang limbah medis atau Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) tepatnya Rabu 19 Juni 2019  jam 19:00 waktu sempat. Kedua Ormas ini berhasil menggagalkan 2 Oknum pelaku, tepatnya di Desa Pekalongan Kacamatan Sampang dengan menggunakan Mobil Box bernopol M 9894 NB.

Menurut Ilham dua hari setelah kejadian tepatnya pada Sabtu (21/6/19) pihaknya telah melaporkan ke Polres Sampang atas temuannya tersebut. Pasalnya masayarakat sudah sangat geram, karena dampak dari perbuatan mereka yang akan sangat buruk untuk warga atau masyarakat. “Kita akan terus mengawal kasus tersebut agar ada efek jerah, karena tindakan ini bukan cuma satu kali saja dilakukan oleh mereka (pihak klinik) untuk mencemari lingkungan dan menebar penyakit” ujar Ilham.

Di tempat lain Abd. Fatah Aktivis Sampang yang ikut turun kelokasi pembakaran menerangkan
“Saat kami turun kelokasi menemukan satu tempat pembakaran dan kami juga menyakini masih ada tempat-tempat lain yang dijadikan tempat untuk mengola tanpa izin tersebut” terangnya.

Berdasarkan UU no 32 Tahun 2009 pasal 104: Setiap orang yang melakukan dumping limbah dan/atau bahan ke media lingkungan hidup tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 60, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling banya tiga miliar rupiah. (rhmn/why)

https://gempardata.com/