Panwascam Kadur Berikan Bimtek Setelah Pelantikan Pengawas TPS

PAMEKASAN, Gempardata.com — Dalam rangka melaksanakan dan mensukseskan pesta demokrasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) juga DPD RI 17 April 2019 mendatang.

Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) Kadur resmi melantik pengawas tempat pemungutan suara(P-TPS) se Kecamatan Kadur, Pamekasan di Aula SMPI Darul Falah Desa Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur, Kabupaten. Pamekasan, Senin (25/3/2019).

https://gempardata.com/

Dalam sambutannya, Ketua komisioner Panwascam Kadur Ahmad Subairi, S.Pd.I menjelaskan bahwa ada dua tugas pokok P-TPS, pertama mengawasi pergerakan logistik pemilu dan kedua mengawasi pelaksanaan di tempat pemungutan suara. Guna terlaksananya tugas ini maka sesuai amanah undang-undang dalam satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) wajib ada satu pengawas yang memantau dan mengawasi jalannya pemilu.

“Tiap satu TPS wajib di sana ada pengawasnya, pada saat pelaksanaan pemungutan suara berlangsung hingga penghitungan selesai, itu tugas pokok pengawas” kata Subairi.

Masih di hadapan 165 P-TPS yang baru dilantik, Subairi juga berpesan agar P-TPS dalam menjalankan tugasnya harus tegas dan tidak takut akan ancaman serta intimidasi pihak-pihak yang ingin mencoreng demokrasi.

“Kalian harus tegas dan mengantisipasi terjadinya pelanggaran, jangan takut pada ancaman karena kalian ini polisinya TPS”, imbuhnya bersemangat.

Sementara itu, usai prosesi pelantikan dilanjutkan dengan bimbingan teknis (BIMTEK) seperti pembekalan agar P-TPS baru ini mengetahui tugas dan fungsinya di pemilu mendatang.

Khusairi, M.Pd.I selaku pemateri pada Bimtek diakhir acara mengajak P-TPS meneriakkan selogan BAWASLU “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”

Perlu diketahui acara ini juga dihadiri bawaslu Kabupaten Pamekasan Hanafi, Panwascam serta pengawas Desa se Kecamatan Kadur. (hmd/sgk/why)

https://gempardata.com/