oleh

Nilai KNPI Medang Deras Rasa Remaja Masjid, Pemuda Minta Pembaharuan

BATUBARA, Gempardata.com — Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Medang Deras di bawah komando Muhamamd Syafri, S.H dinilai lari dari tupoksinya (Tugas Pokok dan Fungsi), pasalnya PK.KNPI Medang Deras ini terlampau banyak menjalankan agenda kegiatan yang di luar kapasitas dan bidang yang seharusnya ia laksanakan.

Dalam Struktur organisasi KNPI terdapat banyak komisi, dan per komisi ini mampu membuat gebrakan baru, mewarnai karakter dan potensi kaum muda. Misalnya, Komisi politik hukum dan Ham yang bisa jalankan program Workshop Advokasi Hukum, Advokasi pemuda yang bermasalah dengan Hukum, pendidikan politik bagi pemuda.

https://gempardata.com/

Selain itu, pelatihan wawasan Kebangsaan bagi pemuda, sosialisasi pilar Kebangsaan, sosialisai kamtibmas, latihan bela negara, dan juga komisi kependudukan dan tenaga kerja, serta banyak sekali program yang bisa dilaksanakan, misal, pelatihan keterampilan tenaga kerja, dan masih banyak komisi lainnya.

Namun teramat disayangkan, KNPI Medang Deras tak ada sedikitpun melaksanakan, dan menyinggung program sedemikian. Hal ini dikatakan langsung oleh pemuda yang selalu bergerak dalam bidang kepemudaan.

“Terhitung dari 2016, KNPI Medang Deras hanya melaksanakan program seperti Remaja Masjid (Remas, red) yang terlalu kecil, bahkan uniknya, program tersebut bisa dilaksanakan oleh JPRMI, BKPRMI atau Remaja Masjid sendiri, contoh nya : pelaksanaan gema takbir keliling, harus nya pihak KNPI cukup jadi Support by bukan jadi eksekutor acara” Papar salah seorang Pemuda Asal Medang deras, M.Syahputra saat dimintai keterangan, Kamis, (06/06/2019).

Dirinya mengaku, KNPI Medang Deras tampak tak memberikan ruang kepada junior nya untuk bergerak.

“Tahun 2018 kemarin, ada salah satu forum yang membidangi remaja masjid dan keagamaan, namun gerak mereka terbatasi saat ingin jadi panitia pelaksana gema takbir keliling, malah KNPI Medang Deras lah yang paling tampil dalam acara tersebut,” jelasnya.

Persoalan ini, ia mengatakan bukan untuk mencibiri pihak KNPI Medang Deras tapi murni untuk kebaikan kedepannya.

“Kami tak berceloteh, tak mencibir ya, ini hanya aspirasi ika KNPI Medang deras seperti ini, tolonglah kita minta berikan ruang kepada kader yang lain untuk memimpin KNPI ini. Karna KNPI ini gerak nya luas, jadi jangan dipersempit” tukasnya.

“Kedepan saat muscab, kita harap ada orang baru mengisi KNPI Medang Deras ini, baik pimpinannya, maupun secara struktural, karena kita ingin pembaharuan” tandas M.Syahputra.

Hal senada juga diungkapkan oleh Fahmi, tokoh aktivis senior Medang deras, menurut nya jika tak ada gebrakan maka cukup disudahi.

“Kalau tidak ada gebrakan selama ini, cukup lah sekian, jangan lanjut kan dan pandang-pandanglah sekitar bahwa banyak kader yang mampu membuat warna baru di P.K KNPI Medang Deras” Ucap, Fahmi S.Pd, Saat diminta tanggapannya.

Ia menambahkan, kembalikan jiwa KNPI sebenarnya di KNPI Medang Deras. “Kembalikan jiwa KNPI pada P.K Medang Deras, agar ada warna dan gebrakan baru mencetak pemuda yang berpotensi. Terakhir ku katakan ‘Salam Pemudaa tidorrrr’ ” pungkasnya. (AW/why)

https://gempardata.com/