oleh

Mobil Box Pembuang Limbah Medis ‘B3’ Berhasil Digagalkan Warga Sampang

SAMPANG, Gempardata.com — Sebuah mobil box yang bermuatan limbah medis Bahan Berbahaya Beracun (B3) di Kabupaten Sampang. Hal ini dilakukan oleh 2 oknum pekerja di sebuah klinik kesehatan yang ada di wilayah tersebut.

Kejadian itu berlangsung pada hari Rabu 19 Juni 2019 sekira jam 19:00 WIB saat dipergoki oleh para aktivis yang ada di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, dan berhasil menggagalkan dua oknum pekerja Klinik yang didapati sedang mengangkut limbah medis menggunakan mobil Boox dengan Nopol M 9894 NB yang rencana akan dibuang dan dibakar di Desa Pekalongan Kecamatam Sampang.

https://gempardata.com/

Diketahui kedua pelaku berinisial HA dan HL Saat di lokasi kejadian sempat mengeles sedang mengangkut limbah medis Bahan Berbahay Neracun (B3).

Berdasarkan keterangan Rolis sanjaya mengakui kejadian pembuangan limbah medis yang dilakukan dua oknum pekerja di salah satu klinik yang ada di Sampang. “Benar ada kejadian tersebut, dan kami berhasil menggagalkan 2 oknum pekerja Klinik Qonaah yang ingin membuang limbah medis (B3) sembarangan. karena kami curiga di dalam mobil boox itu dari bau yang kurang enak dan menyengat, akhirnya suruh buka, dan terbukti mereka sedang membawa limbah medis.” jelas Rolis.

Sementara itu, Ilham salah satu aktivis lainnya.yang bersama dengan Rolus Sanjaya saat itu menambahkan, bahwa selama ini memang sudah curiga terhadap Klinik tersebut dan atas temuan ini kami akan lanjutkan untuk Pelaporan ke Polres Sampang.

“Temuan ini akan kami bawa ke ranah hukum, dan akan kami laporkan segera mungkin ke pihak Polres Sampang agar bisa ditindak lanjuti untuk segera diselidiki” pungkasnya.

Untuk diketahui, limbah medis merupakan salah satu limbah yang tergolong berbahaya, karena masuk dalam kategori Bahan Berbahaya Beracun (B3) dan tidak dapat dikelola sembarangan orang atau badan. Agar tidak menimbulkan efek buruk bagi manusia maupun lingkungan. (rhm/why)

https://gempardata.com/