oleh

Melaksanakan KKN Pelaksana Tugas Umum Pemerintah

Medan,Gempardata.com – Mahasiswa Universitas Malikussaleh asal Kabupaten Serdang bedagai melaksanakan KKN Pelaksanaan Tugas Umum Pemerintah (KKN-PTUP) Kamis 23 Oktober 2020 lalu.

Melaksanakan kegiatan Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP 2020) di kampung halamannya yaitu Desa Nagur, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai.

Sebagai salah satu bentuk pengabdian terhadap masyarakat dalam menyuseskan kegiatan mencatat Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung dalam kurun waktu satu (1) bulan yaitu, mulai dari 1 September hingga 30 September.

Mekanisme kegiatan KKN-PTUP tersebut dilakukan oleh perorangan atau perindividu.

Mahasiswa yang melaksanakan kegiatan tersebut, M Ridho Fadli mengatakan, saat ini Ridho sedang bertugas menjadi salah satu petugas Sensus Penduduk 2020 atau yang sering disebut dengan SP2020 di Kabupaten Serdang Bedagai. “SP 2020 memiliki 2 tahapan dalam pelaksanaannya yaitu, Sensus Penduduk Online dan Sensus Penduduk yang dilaksanakan Door to Door kepada masyarakat” Katanya, Minggu (25/10/2020).

Lanjut Ridho, tujuan dilaksanakan SP 2020 secara Pencacahan di lapangan yaitu guna untuk mendata masyarakat yang tinggal di sebuah SLS (Satuan Lingkungan Setempat, RT, Dusun, Banjar, Jorong dll) yang belum melakukan Sensus Online karena beberapa alasan tertentu pada periode waktu yang telah ditentukan. “Karena seperti yang kita ketahui, tidak semua masyarakat paham akan penggunaan teknologi dan internet saat ini. Masih banyak dari sebagian masyarakat yang Gaptek,” tuturnya.

Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan M. Ridho Fadli dalam melaksanakan tugasnya sebagai petugas SP2020 yakni dimulai dari rapat koordinasi yang rutin di lakukan antara petugas dengan Koseka (Kordinator Sensus Kecamatan), berkoordinasi dengan Aparatur dan Perangkat Desa, hingga melakukan pencacahan ke lapangan sesuai dengan wilayah kerja yang telah ditentukan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Serdang Bedagai.

Sementara itu, Arief Rahman, S.PD., M.PD selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengharapkan, semoga dengan ikut sertanya M.Ridho Fadli dalam kegiatan SP2020 ini mampu ikut menyukseskan kegiatan pencatatan Indonesia. “Karena kelengkapan data penduduk yang diperoleh dari kegiatan sensus tersebut dapat digunakan pemerintah sebagai landasan untuk memebuat kebijakan di berbagai bidang guna untuk mensejahterakan seluruh masyarakat” imbuhnya.

(Manzahri/dein)

https://gempardata.com/

Berita Terbaru