oleh

Launching Bansos Rasta, Bupati Sumenep: Jangan Lagi ada Biaya dari Penerima

SUMENEP, Gempardata.com — Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Sosialisasikan sekaligus Launching Bantuan Sosial Beras Sejahtra (Rastra) tahun anggaran 2019 bertempat di ruang rapat Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Acara Sosialisasi sekaligus Launching Bansos Rastra dihadiri Bupati Sumenep Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si. Sekretaris Daerah Kabupaten. Ir. Edy Rasiyadi, M.Si, Waka Polres Sumenep Kompol Sutarno, Kajari Sumenep Kasi Bidsus, dan Kepala Dinas Sosial Sumenep R. Akh Aminullah, Sub Divre Bulog Madura Syafarudin Arief, serta pelaksana Rastra Kabupaten Sumenep.

https://gempardata.com/

Bupati Sumenep saat sambutan menekankan, agar pendistribusian Rastra tepat waktu, tepat sasaran serta tepat administrasi.

“Rastra akan bergulir mulai dari Januari hingga September dan selanjutnya akan dilaksanakan secara non tunai.” katanya, Rabu (20/3/2019).

Menurutnya, Desa harus mengontrol setiap perkembangkan yang harus dituangkan dalam Musyawarah Desa (Musdes) supaya penerapan benar benar tepat sasaran.

“Program Non tunai harus di lakukan dengan sebaik baiknya disingkronisasikan dengan PKH agar benar benar tepat sasaran dan tepat administrasi.” jelasnya.

Untuk di bulan Oktober akan menerapkan non tunai dengan memakai Program e-warung, mempunyai tujuan, terjakau dan transparan terhadap masyarakat sehingga akan berdampak lebih baik kepada masyarakat.

“Saya tekankan jangan ada biaya lain lain dari masyarakat sebab semua sudah terakomodir oleh Pemerintah dan pihak bulog.” imbuhnya.

Sementara itu, Sub Divre Bulog Madura Syafarudin Arief, melalui Wakil Kepala Divre Madura, Ketua Satker (Satuan kerja) Rahmatullah menyampaikan, sesuai dengan petunjuk dan juknis Bansos Rastra tahun 2019 Bulog mempunyai kewajiban untuk menyalurkan ke titik distribusi Desa dan Kelurahan.

“Tersedianya stok Rastra di gudang Bulog Kertasada Sumenep alokasi bulan Januari dan Februari lebih dari cukup.” katanya.

Pihaknya, dalam hal kwalitas, kami menyediakan layer pengamanan, saat pengadaan sortasi dan kontrol kwalitas, pada saat distribusi ke gudang dan penyaluran kepada titik sasaran Desa.

Jadi, dilakukan pengecekan kwalitas sebelum pendistribusian, apabila ada keluhan masyarakat, kami terbuka untuk menerima pengaduan 2×24 jam bisa dikembalikan dan diantarkan kembali, penggantinya pada hari itu juga.” terangnya.

Selain itu, ia menambahkan disampaikan juga bahwa Launcing hari ini untuk wilayah daratan Sumenep yang administrasinya sudah lengkap, setelah diserahkan oleh Dinas Sosial Sumenep ke Gudang Bulog Sumenep Kecamatan mana yang sudah lengkap pengajuannya. (seno/why)

https://gempardata.com/