oleh

KPU Sumenep Buka Pendaftaran Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati 2020

SUMENEP, Gempardata.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sebentar lagi akan membuka pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Rabu 9/12/2020 mendatang.

Berdasarkan surat keputusan KPU Kabupaten Sumenep nomor: 267/PP.05.2-Kpt/3529/KPU-Kab/VIII/2020 tentang tahapan pendaftaran Bacalon Bupati dan Wakil Bupati akan dibuka selama 3 hari, mulai 4 hingga 6 September 2020 bertempat di Kantor KPU setempat, Jln. Asta Tinggi, nomor 99, Kebunagung.

“Lokasi waktu pendaftaran selam tiga hari tidak sama, yaitu hari pertama dan kedua dibuka mulai pukul 08.00 Wib s/d 16.00 Wib, dan hari terakhir dibuka mulai pukul 08.00 Wib s/d pukul 24 Wib” terang A. Warits, Ketua komisioner KPU Sumenep. Selasa (1/9/2020).

Selain itu, A. Warits juga menjelaskan, pada waktu pendaftaran masing-masing Paslon beserta partai politik (Parpol) yang mendukung wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kami batasi, yang boleh masuk hanya Paslon dan pimpinan serta sekretaris parpol. Untuk paslon/pimpinan parpol saat mendaftar tidak boleh di wakili, kecuali ada surat keterangan. Karena ketika pimpinan parpol tidak hadir tentunya bisa di diskualifikasi jadi parpol pengusung” tegasnya.

Disisi lain, Komisioner KPU, Rafiqi Tanzil, menuturkan, syarat pencalonan bagi Paslon yang di usung Parpol atau gabungan Parpol harus mencapai 20% dari jumlah kursi DPRD untuk bisa berlaga di Pemilihan 9 Desember 2020 mendatang.

“Atau bisa saja didukung minimal 25% (persen) dari akumulasi suara sah dalam pemilu Anggota DPRD Kabupaten Sumenep tahun 2019 lalu, yakni 170.585 suara sah,” jelasnya.

Untuk persyaratan lainnya, Rafiqi Tanzil menambahkan, setiap pasangan yang akan mendaftar bisa juga mengakses langsung web resmi KPU Sumenep Http://kpud-sumenepkab.go.id. “Bisa datang langsung menemui tim Help Desk Pencalonan di Kantor KPU Sumenep,” tukasnya. (sheno/dn/adv)

https://gempardata.com/

Berita Terbaru