oleh

Kobaran Api Si Jago Merah Hanguskan Rumah dan Puskesmas, Kerugian Hingga Ratusan Juta

SUMENEP, Gempardata.com (9/8/2021) – Kebakaran di 2 (dua) lokasi berbeda Desa hanya berselih antara 4 (empat) jam. Kejadian kebakaran tersebut terjadi di wilayah hukum Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur. Sebuah rumah di Kecamatan Kota Sumenep dan Puskesmas Gapura, dilalap Si Jago Merah.

Kebakaran yang pertama menimpa rumah milik Mohammad Bakri yang berada di Jl. Kemala No. 19B RT. 03 RW. 03 Kelurahan Bangselok Kecamatan Kota Sumenep, sekira pukul 22.00 WIB, Minggu malam (8/8/2021).

https://gempardata.com/

Sedangkan Puskesmas Gapura terbakar 4 jam kemudian, sekira pukul 02.00 WIB, Senin dini hari, (9/8/2021).

Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, mengatakan, dari dua kejadian kebakaran dengan lokasi berbeda itu, tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian materiil ditafsir ratusan juta rupiah.

“Kerugian materiil untuk kebakaran rumah di Kelurahan Bangselok, Kecamatan Kota Sumenep, ditafsir mencapai Rp 300 juta. Sedangkan Puskesmas Gapura, kerugian materiil ditafsir Rp 75 juta,” ucapnya.

Untuk penyebab dari kebakaran di dua TKP tersebut, kata Widiarti, masih dalam penyelidikan. Karena, api melalap rumah dalam keadaan kosong disaat ditinggal pemiliknya ke Desa Pamolokan, Kecamatan Kota Sumenep.

“Ketika pemilik rumah pulang dan tiba di rumah. Tiba-tiba sudah muncul kobaran api yang bersumber dari atap kamar belakang rumah, mengetahui kejadian tersebut korban berusaha memadamkan api dengan menggunakan air yang ada namun kobaran api semakin membesar selanjutnya korban berteriak meminta bantuan warga sekitar untuk memberitahu petugas pemadam kebakaran,” paparnya.

Petugas pemadam kebakaran bersama dengan Polsek Sumenep Kota mendatangi lokasi kejadian tersebut. Sesampainya dilokasi petugas damkar berusaha memadamkan api dan kobaran api berhasil dipadamkan sekira pukul 22.45 WIB.

“Barang-Barang yang ada di dalam rumah berupa BPKB, Perhiasan, Uang tunai senilai Rp. 100 juta, burung peliharaan dan perabotan rumah lainnya,” terangnya.

Sementara kebakaran Puskesmas Gapura, diketahui oleh honorer Puskesmas yang rumahnya berada di depan Puskesmas itu, bahwa ada percikan api pada sambungan kabel diatas bangunan Kantor Puskesmas setempat. Api terus membesar, sehingga berteriak dan meminta tolong tetangga sekitar untuk meminta bantuan memadamkan api, lalu memberitahu petugas pemadam kebakaran dan selanjutnya sekitar 20 menit kemudian petugas pemadam kebakaran bersama dengan Polsek Gapura dan Formpimka mendatangi lokasi kejadian tersebut.

“Sesampainya dilokasi petugas damkar berusaha memadamkan api dan kobaran api berhasil dipadamkan sekira pukul 03.30 WIB,” bebernya.

Barang-barang di TKP yang ikut terbakar berupa arsip/data pasien/rekam Medis di Ruang DDTK, kursi, rak, dan lemari arsip.” pungkasnya.

Penulis : (ard)
Editor : (fsl)

https://gempardata.com/

Berita Terbaru