Jembatan Penghubung di Pragaan yang Amblas Hingga Kini Belum Diperbaiki

SUMENEP, Gempardata.com — Jembatan penghubung Desa Pekamban Dajha, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep yang putus beberapa waktu lalu hingga kini belum juga diperbaiki. Kondisi tersebut tidak lantas membuat akses jalan itu lumpuh.

Dari hasil pantauan media ini di lapangan Senin (27/3/2019) di sebelah barat jembatan ambruk, telah dibangun jembatan alternatif oleh aparatur desa dan msyarakat setempat, untuk digunakan masyarakat menyebrangi sungai yang terbuat dari bambu, kemudian terdapat papan kayu sebagai penyangga untuk menahan beban jembatan dari warga yang hendak melintas.

https://gempardata.com/

Terpantau, bagi pengendara roda dua tampak bergantian melalui jembatan tersebut, jika ada pengendara menyebrang dari arah dari selatan, warga harus menunggu sejenak dari arah berlawanan. Begitu juga sebaliknya.

Sedangkan untuk pengendara roda empat yang hendak ke Desa Pakamban Dajha harus melalui Desa Sentol Laok, pertigaan ke utara, di barat SPBU Pakamban Laok, atau bisa langsung menuju desa pakamban Dajha, tapi, sekitar 100 meter dari jalan raya. Pengendara roda empat harus mengmbil jalan pertigaan yang menuju dusun tengger, desa pakamban Dajha. Sebab jika lurus pengendara akan menemui jalan putus.

Menurt Holik (43) yang ditemui gempardata.com di ladangnya yang merupakan warga di sekitar desa tersebut, mengatakan jembatan tersebut. “Ini sudah satu tahun belum juga ada perbaikan, saya memang mendengar sudah ada pengajuan perbaikan tapi persisnya belum tahu” katanya.

Hal itu juga dibenarkan oleh Abdurrohman yang bekerja di dekat ladangnya Holik. “Benar kami sudah lama harus mutar jalan kalau mau pulang ke rumah, sebab akses jembatan ini sudah se tahunan belum ada perhatian pemerintah” terangnya.

Sementara itu, Mustakim Pamong Dusun Panggung, Kecamatan Pragaan, Kabupaten sumenep, menjelaskan sudah ada pengajuan dari Kades kepada salah satu anggota DPRD Sumenep.

“Kalau yang saya tahu sudah diajukan ke DPRD Sumenep oleh Kades nya, melalui salah satu anggota DPRD yang kebetulan orang Pragaan juga, Insya Allah akan di perbaiki bulan juni nanti” jelasnya.

Ditambahkannya, ambruknya jembatan tersebut diakibat kan longsor dan hujan terus menerus saat itu, sehingga pada pertengahan malam jembatan tersebut ambruk. (Sgk/hmd/why)

https://gempardata.com/