oleh

Jelang Idul Adha Pemotongan Hewan Kurban Ikuti Protokol Covid-19

SUMENEP, Gempardata.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan (DKPP) jelang hari raya Idhul Adha himbau masyarakat hendak melakukan pemotongan hewan kurban ikuti protokol kesehatan Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Kepala DKPP Sumenep, Bambang Haryanto melalui Kabid Kesehatan Hewan, Zulfah, untuk melakukan pemotangan hewan kurban tetap mematuhi protokol Covid-19.

https://gempardata.com/

“Kami himbau pada masyarakat yang hendak melakukan pemotongan hewan kurban agar tetap mematuhi protokol covid-19, seperti memakai masker, menjaga kebersihan dan lain sebagainya,” terangnya, Rabu (24/6/2020).

Selain saat melakukan pemotongan, menurut Zulfah, hal yang tak kalah perting untuk diperhatikan adalah saat melakukan pembagian daging hewan kurban kepada masyarakat.

“Kalau sebelumnya masyarakat yang datang ketempat pemotongan hewan, untuk saat ini kami sarankan untuk diantar agar tidak menimbulkan kerumunan,” jelasnya.

Disisi lain, pihaknya juga akan melakukan pengawasan secara langsung menjelang hari raya Idul Adha dan akan dilakukan pemeriksaan, baik secara administrasi, tempat usaha maupun hewan kurban yang dijual.

“Nanti, kami lakukan pengawasan setiap hari. Untuk itu, menjelang Idul Adha maka pengawasannya akan kami perketat lagi” tegasnya.

Lebih lanjut Zulfah menyebutkan, ada sebanyak 36 orang tenaga pengawas yang terdiri dari dokter hewan dan paramedik hewan dilapangan yang dilibatkan untuk memeriksa kesehatan hewan.

“Yang dari bidang keswan ada enam orang, dua orang paramedik empat orang dokter hewan dan sisanya ada dilapangan,” pungkasnya. (sheno/dein)

https://gempardata.com/

Berita Terbaru