oleh

Inovasi Digital Berbasis Android TACS, Kasatlantas Sumenep: Tekan Angka Fatalitas Kecelakaan

SUMENEP, Gempardata.com – Ditlantas Polda Jatim, pada Selasa (30/6/2020) lalu, meluncurkan Inovasi aplikasi berbasis android TACS (Traffic Accident Claim System), mulai saat ini sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat Jawa Timur.

Aplikasi berbasis digital ini dapat diunduh oleh semua orang termasuk masyarakat Sumenep melalui telepon seluler pintar bertujuan untuk menekan angka fatalitas korban kecelakaan dan memudahkan proses klaim ansuransi korban kecelakaan lalu lintas.

Hal itu terbukti, disampaikan langsung oleh Kasatlantas Polres Sumenep, AKP Deddy Eka Aprianto, SH pada awak media, bahwa Aplikasi Traffic Accident Claim System (TACS) sudah mulai dapat dipergunakan oleh masyarakat Sumenep.

“Jadi, saat ini semuanya sudah bisa mengakses aplikasi TACS ini,” kata Deddy, sapaan akrabnya, saat di temui di ruang kerjanya, Kamis (2/7/2020).

Selain itu, aplikasi TACS tersebut, kata Deddy, digagas guna memudahkan pelayanan masyarakat dalam mengklaim ansuransi serta mempercepat penangan medis jika sewaktu-waktu dirinya atau keluarganya mengalami kecelakaan lalu lintas.

“Jika sebelumnya korban lakalantas pergi kerumah sakit harus membawa surat keterangan laporan dari polisi agar bisa ditangani, dengan adanya aplikasi TACS ini masyarakat tinggal lapor dan bisa langsung ditangani oleh tenaga medis” jelasnya.

Menurut Deddy, sejauh ini layanan TACS di Kabupaten Sumenep baru menggandeng dua rumah sakit, diantranya yakni Rumah Sakit Islam (RSI) Kalianget dan RSUD dr, Moh. Anwar Sumenep.

“Kami sudah lakukan MOU dengan RSI Kaleanget, RSUD dr, Moh. Anwar, pihak BPJS serta Jasa Raharja dalam program ini,” terang dia pada media ini.

Untuk diketahui, Traffic Accident Claim System (TACS) merupakan aplikasi berbasis web yang diluncurka oleh Ditlantas Polda Jawa Timur dengan mengandeng pihak BPJS, Jasa Raharja dan Rumah Sakit.

“Diluncurkannya inovasi berbentuk web ini sebagai hadiah dari Polda Jawa timur kepada masyarakat dalam menyambut hari Bhayangkara ke-74,” pungkasnya.

https://gempardata.com/

Berita Terbaru