oleh

Hampir 7 Tahun Tandon Spam Mangkarak, Tim GPN: Buang Buang Anggaran

SAMPANG, Gempardata.com – Kondisi tandon air berkapasitas 500 liter di Desa Gunung kesan Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang tidak berfungsi alias mangkrak, tandon tersebut kini dikelikingi tumbuhan rumput disekitarnya.

Pembangunan tandon tersebut dilaksanakan pada tahun 2014 dengan dana APBN. Pembangunan tersebut include pada proyek instalasi pengolah air sumber payung yang senilai 46 miliar proyek-proyek tersebut dikerjakan pada 2013-2014.

Menanggapi hal tersebut, tim GPN Abd. Rohman yang juga salah satu warga Karang Penang sangat menyayangkan dan kecewa karena tandon dan saluran air tersebut dengan anggaran yang begitu besar mencapai meliaran di biarkan mangkrak sehingga pihaknya selakau masyarakat awam menduga bahwasanya pemerintah hanya mementingkan proyeknya saja bukan untuk pemanfaatannya.

“Sungguh sangat miris ketika anggaran yang begitu Dahsyat hanya dijadikan Monumen tandon seperti ini, dan kami sangat kecewa kepada pemerintah kalau hanya dibiarkan mangkrak seperti ini” ucapnya dengan nada kecewa, Rabu (22/7/2020).

Iya berharap semoga pemerintah yang sekarang segera mencarikan solusi dan segera mengaktifkan kembali tandon tersebut, karena warga karang penang sangat membutuhkan air, jika di musim kemarau warga karang Penang sangat kesulitan air bersih sehingga mereka membeli air dari omben dengan harga yang begitu mahal.

“Kami beli satu tangki itu 250, iya kalau warga punya uang Anggaplah yang berkecukupan buat beli air masih mendingan. Kalau warga miskin yang hanya cukup buat makan sehari-hari masih harus beli air kan kasihan mereka” terangnya.

Sementar itu Khoiriyah salah satu warga gunung kesan menegaskan bahwa tandon tersebut itu mubazir sangat tidak berguna menurutnya. Pemerintah membangun tandon seperti ini dengan dana miliaran rupiah tapi tidak difungsikan.

“Tandon itu rusak mana saya melihatnya sudah semacam bukan tandon air tapi tandon ular dan tikus, pemerintah harus segera memperbaikinya” ungkapnya.

ia berharap tandon tersebut cepat difungsikan warga Desa Karang Penang sangat membutuhkan air bersih yang dialirkan dari tandon tersebut. “Manfaatnya sangat terasa jika musim kemarau alangkah baiknya mulai sekarang diperbaiki supaya tandon itu bisa difungsikan” pungkasnya. (Zainullah/Dein)

https://gempardata.com/

Berita Terbaru