Dispertahortbun Perkenalkan Produk dan Program Unggulannya pada Pameran Pembangunan di Harjad ke 750 Kabupaten Sumenep

SUMENEP, Gempardata.com – Dispertahortbun Kabupaten Sumenep, Jawa Timur pada acara Smart City dalamrangka peringatan hari jadi ke 750 Kabupaten Sumenep memperkenalkan produk dan program unggulan budidaya padi dengan metode hidroganik dengan cara menyalurkan bantuan bibit bawang merah dan cabe merah kepada sejumlah kelompok tani.

Penyaluran bantuan bibit bawang merah dan cabe merah diserahkan secara simbolis oleh Dina Yunita, Kasi Produksi Holtikultura, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Kabupaten Sumenep.

https://gempardata.com/

“Ini adalah tugas pembantuan/program dana APBN dari Provinsi tahun 2019 yaitu, program pengembangan kawasan bawang merah dan cabe merah. Bawang merah alokasinya untuk benih umbi dan PSS.” kata Dina Yunita, Kasi Produksi Holtikultura. Kamis, (24/10/2019) malam.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menghadapi musim tanam tahun 2019, agar masyarakat Sumenep bisa memanfaatkan lahan yang dimilikinya untuk melakukan kegiatan pertanian seperti halnya menanam berbagai macam tanaman yang bermanfaat. Salah satunya bawang merah dan cabe merah.

Selain itu, pada dasarnya, Dina menjelaskan, kelompok tani (penerima) yang telah mengajukan proposal dan lolos verifikasi tahun 2019 ini sejumlah 30 kelompok dengan rincian penerima bawang merah Umbi sebanyak 20 kelompok, dan untuk benih PSS sebanyak 10 kelompok. “Untuk bawang merah tersebut memang realisasinya pada bulan Oktober 2019.” jelasnya.

Dina berharap, kedepan lebih banyak lagi bantuan yang bisa bermamfaat terhadap pengembangan masyarakat. Karena, Kabupaten Sumenep kedepan menuju kawasan bawang merah dan kawasan cabe merah.

“Semoga dengan adanya bantuan ini bisa dimamfaatkan sebaik-baiknya. Sehingga pada umumnya dapat mengembangkan kehidupan petani khususnya yang ada di Kabupaten Sumenep.” tutupnya.

Sementara itu, Ach. Zaini, selaku Ketua Gapoktan Kecamatan Saronggi sangat bersyukur bahwa, kali ini ada 3 kelompok tani kami yang di panggil, untuk menerima bantuan bibit benih bawang merah dan cabe.

“Alhamdulillah, kami sangat senang sekali dengan adanya bantuan semacam ini. Sehingga para petani tidak usah beli benih, kerena semua sudah terbantukan oleh Dinas Pertanian Sumenep secara gratis.” pungkasnya. (seno/ardy/why)

https://gempardata.com/