oleh

Disdik Sumenep Gelar Seleksi Kompetisi GSI Tahun 2020, Begini Pesan Kadisdik

SUMENEP, Gempardata.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar seleksi kompetisi sepak bola Gala Siswa Indonesia (GSI) se Kabupaten Sumenep, Jumat (6/3/2020).

Seleksi kompetisi GSI tersebut digelar dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan jasmani, olahraga dan pengembangan bakat pada Sekolah Menengah Pertama tahun 2020 di Sumenep, bertempat di zona wilayah IV, Lap. GOR A. Yani Panglegur Sumenep.

https://gempardata.com/

Pelaksanaan berlangsung selama 4 hari terhitung mulai Selasa tanggal 3 hingga Jumat 6 Maret 2020 itu disambut baik oleh para pelajar SMP di Sumenep. Terbukti dari banyaknya siswa yang ikut serta dalam seleksi tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan (disksik) Sumenep, Dr. Carto, MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP, Edy Suprayitno mengatakan, seleksi sepak bola Gala Siswa Indonesia (GSI) yang dilaksanakan saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Pada tahun sebelumnya, seleksi ini digeler dengan kompetisi antar sekolah, kemudian dicari yang terbaik. Tapi untuk yang sekarang Disdik turun langsung ke sekolah mencari talenta berbakat itu,” kata Edy, akrbanya disapa.

Selama ini, kata Edy, pihaknya menyiapkan GSI dilakukan dengan mengadakan kompetensi antar sekolah dan dicari yang terbaik. Namun, ada beberapa sekolah yang tidak ikut karena jumlah pemain tidak mencukupi.

“Jadi, di tahun 2020 ini kita rubah. Saat ini kita sendiri yang turun langsung ke sekolah-sekolah untuk menyeleksi pemain,” terang dia.

Disisi lain, dengan adanya perubahan tersebut, Edy berhrap pemain-pemain yang dulunya tidak mempunyai kesempatan ikut dalam seleksi kompetisi sepak bola GSI, untuk tahun ini bisa ikut.

“Kita berikan kesempatan bagi sekolah yang hanya memiliki satu atau dua pemain untuk mengikuti pada seleksi ini,” ungkapnya.

Disisi lain, ditanya maksud dan tujuan diselenggakannya seleksi GSI tersebut, Edy menuturkan bahwa, bentuk upaya untuk mencari bibit unggul di bidang sepak bola yang ada di Sumenep, Kabupaten paling ujung timur pulau Madura.

“Selain mencari bibit unggul, kompetisi ini kami laksanakan guna mengasah talenta siswa untuk mempersiapkan dalam ajang turnamen sepak bola di tingkat Provinsi,” jelasnya.

Dari seleksi ini, sambung Edy, akan diambil sebanyak 18 orang untuk menjadi perwakilan tim GSI Kabupaten Sumenep dalam ajang turnamen sepak bola di tingkat Provinsi Jawa timur yang akan berlangung pada bulan Agustus nanti.

“Pada seleksi ini, kita akan mengambil sebanyak 18 orang pemain. Kemudian dari 18 orang ini akan diberikan pelatihan khusus agar pada pelaksanaan turnamen bisa lebih maksimal,” tukasnya.

Untuk diketahui, seleksi kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) ini merupakan program Nasional yang digelar sejak tahun 2018 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan PSSI. (sheno/why)

https://gempardata.com/

Berita Terbaru