Diabaikan Pemerintah, Masyarakat Mandala Bangun Jalan Dengan Biaya Pribadi

Sumenep, – Gempardata.com. (23/10/2023) Akses jalannya diabaikan pemerintah Desa maupun Pemerintah Kabupaten Sumenep, masyarakat
Di Dusun Karang RT 09/04 Desa Mandala Kecamatan Rubaru membangun jalan biaya sendiri dan pekerjaannya secara swadaya masayarakat karena akses jalan rusak parah. ” Minggu (22/10/2023).

Sudah berkali – kali masyarakat setempat untuk pengajuan ke Pemerintah Desa dan Pemkab Sumenep agar dapat akses jalan yang layak. Namun, sudah berjalan 10 tahun lamanya dan hasilnya sia – sia.

https://gempardata.com/

Padahal akses jalan tersebut tersambung dan menuju ke Lenteng dan jalan protokol Rubaru. Perbaikan jalan pengaspalan dengan panjang 385 meter dengan pekerjaan swadaya masyarakat menghabiskan dana 85 juta rupiah.

H. Rasid, Warga Desa Mandala mengatakan, akses jalan dari dulu sudah 10 tahun lebih sangat memprihatinkan. ” Jalan itu belum tersentuh perbaikan, bahkan untuk perbaikan makadam pun sebelum ini saya biaya sendiri. Sampek perbaikan jalan pengaspalan pada hari Minggu (22/10/2023) saya biaya sendiri dengan pekerjaannya swadaya masyarakat, ” kata H. Rasid, Senin (23/10/2023).

H. Rasid menambahkan, jika inisiatif warga untuk membangun jalan secara swadaya tersebut berawal dari pengajuan pengaspalan jalan yang tak kunjung direspons oleh Pemerintah Desa maupun oleh Pemeritah Kabupaten Sumenep. Pekerjaan jalan itu dengan mengajak masyarakat, untuk secara bersama-sama melakukan perbaikan jalan.

“Karena sangat lama menunggu, kita pun memutuskan untuk membangun sendiri,” kata H. Rasid, Senin (23/10/2023).

Sebab untuk membangun dan memajukan suatu daerah (desa), maka akses jalan menjadi kunci utama, “ucap H. Rasid. (Ard)

https://gempardata.com/