oleh

Di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Cara Pemkab Sumenep Sambut Idul Fitri 1441 Hijriyah

SUMENEP, Gempardata.com – Dengan membawa spirit keagamaan di tengah pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19), Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar takbir online untuk menyambut Idul Fitri 1441 Hijriyah / 2020 Masehi.

Diketahui, acara gema takbir online ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si tersebut diikuti Wakil Bupati, Achmad Fauzi, SH, Sekretaris Daerah Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si.

https://gempardata.com/

Turut hadir juga, Kaporles Sumenep, AKBP. Deddy Supriadi, Dandim 0827/Sumenep, Sudiatna dan jajaran Forkopimda itu dilakukan secara virtual bertempat di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Sabtu (23/5/2020) malam.

Dikatakan Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim, M.Si dalam teleconference dengan OPD setempat, bahwa di malam kemenangan kali ini, pihaknya memang tidak mengadakan takbir keliling seperti tahun sebelumnya.

“Untuk menyambut kedatangan hari raya Idul Fitri 1441 H, kami tetap fokus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Bupati Sumenep, Busyro Karim.

Disamping itu, Bupati juga menyatakan semangat Idul Fitri 1441 Hijriyah harus tetap berjalan dengan memanfaatkan teknologi. Karena dengan demikian, spirit keagamaan di Kabupaten Sumenep akan terus menggema.

“Jadi, ketika ada wabah Covid-19 takbir online kita laksanakan, karena hal itu memang jelas hukum dan aturannya, sebab kondisinya memang tidak sama dengan sebelum virus Corona ini terjadi,” ucapnya.

Disisi lain, acara yang disiarkan secara langsung di platform media sosial Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumenep itu juga turut mengindahkan dari sejumlah pondok pesantren.

“Dalam menjalankan ibadah salat Idulfitri ini, kami tetap mengimbau pada masyarakat untuk tetap menjaga jarak, tidak berkerumun, memakai masker, di rumah saja dan rajin cuci tangan,” pesannya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfo Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya, menambahkan, secara teknis Diskominfo Sumenep sudah menyiapkan jaringan di setiap OPD dan Kecamatan untuk bergabung dalam kegiatan tersebut.

“Kami telah menyiapkan jaringan di semua OPD maupun kecamatan, termasuk masyarakat bisa bergabung melalui channel Youtube Kominfo Sumenep,” tambahnya Kadiskominfo.

Sementara, acara gema takbir virtual di masing-masing pendopo kecamatan juga tampak khidmat yang diikuti oleh Forkopimka itu bersinergi dengan organisasi kemasyarakatan seperti NU, Muhammadiyah, Kepala Desa dan Pengasuh Pondok Pesantren. (sheno/adv/dein)

https://gempardata.com/

Berita Terbaru