oleh

Cegah Penyebaran Covid-19, Camat Batuan Apresiasi Kades Babbalan

SUMENEP, Gempardata.com – Pemerintah Desa Babbalan, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melaksanakan penyemprotan desinfektan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Corona Virus (Covid-19) yang kini telah mendunia.

Diketahui, kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa (Kades) Babbalan dimulai sekira pukul 10.00 Wib dilakukan ke sejumlah Masjid, Musholla dan rumah warga itu dihadiri oleh Camat Batuan, Moh. Munir, bersama staf, Danposramil Batuan, Pelda Gyono, para perangkat Desa Babbalan, Tokoh pemuda dan Tokoh masyarakat setempat.

https://gempardata.com/

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Babbalan, Mistur saat ditemui media Gempardata.com di kantor/balai desa mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dalam rangka antisipasi maraknya dan penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) di desa Babbalan.

“Kegiatan ini sengaja digelar guna mengantisipasi penyebaran wabah Virus Corona khusunya di wilayah Babbalan, Kabupaten Sumenep umumnya,” kata Mistur, Kades Babbalan, pada pewarta, Senin (30/3/2020).

Selain itu, Mistur menjelaskan, kegiatan penyemprotan cairan disinfektan tersebut terselenggara atas inisiatif pemerintahan desa. Tanpa adanya keterlibatan pihak lain dan menggunakan dana hasil urunan para perangkat serta dana taktis milik desa.

“Saya bersama perangkat sepakat untuk urunan, ditambah dengan dana taktis desa akhirnya penyemprotan desinfektan teresialisasi agar lingkungan Desa Babbalan bebas dari virus corona” jelas Mastur, disela-sela penyemprotan.

Dikesempatan yang sama, Camat Batuan, Moh. Munir menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Salut dengan kemandirian aparatur pemerintah Desa Babbalan, atas inisiatif nya melaksanakan penyemprotan tanpa menunggu pihak atau instansi lain.

“Sangat mengapresiasi terhadap tindakan positif aparatur desa, terutama pada Kepala Desa Babbalan yang cepat tanggap lakukan antisipasi pada penyebaran Virus Corona yang saat ini telah mendunia,” ungkap Munir.

Disisi lain, lanjut Munir, untuk Kecamatan Batuan hampir semua desa juga telah melaksanakan kegiatan serupa. Namun, terlaksananya kegiatan tersebut melibatkan kecamatan, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas dan Koramil.

“Saya kagum dengan kemandirian Desa Babbalan dalam mengantisipasi pernyebaran wabah Covid 19 ini. Sebenarnya di sejumlah desa lain juga telah melakukan penyemprotan, namun melibatkan semua pihak,” terang Camat.

Pihaknya berharap, khususnya Desa Babbalan, umumnya di wilayah Kecamatan Batuan mudah-mudahan terlepas dari adanya penyebaran Virus Corona (Covid-19) ini.

Sementara, ditanya terkait maraknya wabah Covid-19 di Sumenep sendiri, Pihaknya menyatakan, bahwa Sumenep sementara masih masuk lampu hijau karena sampai saat ini masih belum ditemukan atau terindikasi positif virus mematikan tersebut.

“Jadi, selain tindakan seperti ini, untuk mengantisipasi hal tersebut, Bapak Bupati Sumenep telah mengusulkan kepada Gubernur bahwasanya juga harus ada tindakan berlapis,” tukasnya. (sheno/dein)

https://gempardata.com/

Berita Terbaru