oleh

Bondowoso Diterjang Banjir Bandang Bercampur Lumpur

BONDOWOSO Gempardata.com — Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Bondowoso kembali diterjang banjir. Namun kali ini banjir Air bercampur lumpur mengalir di sepanjang jalan utama sekitar Kantor Kecamatan Sempol. Hingga masuk rumah-rumah warga di perkampungan.

Dari beberapa rekaman video amatir yang diambil warga setempat nampak terlihat air yang bercampur lumpur berwarna hitam pekat membawa material seperti kayu, potongan balok dan perabotan warga bahkan termasuk binatang ternak seperti kambing dan ayam.

https://gempardata.com/

Menurut Kepala BPBD Bondowoso, Kukuh Triatmoko, saat dikonfirmasi melalui sambungan telponnya, membenarkan adanya banjir bandang di sebelah timur Bondowoso tersebut.

“Iya betul terjadi banjir bandang di wilayah sempol. Saat ini Tim BPBD sudah meluncur ke lokasi” terangnya pada awak media, Rabu ( 29/1/2020)

Kukuh mengatakan, berdasar keterangan warga setempat, hujan dengan intensitas tinggi terjadi di hulu Gunung Suket, sekitar Jampit selama 2 jam.

“Kalau keterangan warga hujan sekitar 2 jam terjadi di atas (hulu). Namun di lokasi dampak banjir bandang hanya gerimis saja” tambahnya.

Masih kata Kukuh, bahwa warga di kawasan Desa Sempol pun mulai diungsikan ke kawasan lebih tinggi untuk mengantisipasi adanya banjir susulan agar tidak sampai terjadi korban jiwa.

Dari keterangan yang dihimpun di lapangan, ada sekitar 40 pemukiman warga yang terendam banjir dan belum diketahui kerugian material yang dialami

“Untuk kerugian material kita belum tahu, akan tetapi ada sekitar 40 rumah warga yang terendam banjir, sementara untuk binatang ternak dan lainnya kita belum mengetahui jumlahnya berapa” pungkas Kukuh. (bd/red).

https://gempardata.com/

Berita Terbaru