oleh

Bersama Unmer Malang, Diskop Sumenep Gelar Uji Kompetensi Pelaku UMKM

SUMENEP, Gempardata.com – Di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ini, kompetensi menjadi syarat yang harus dipenuhi untuk meningkatkan daya saing usaha yang serba terbuka. Sekaligus peningkatan kapasitas dunia usaha di beberapa sektor.

Pada tahun ini, Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah (DKUKM) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Uji Kompetensi Pelaku Usaha yang ada. Untuk meningkatkan uji kelayakan usaha bekerja sama dengan Universitas Merdeka (Unmer) Malang yang bertempat di Gedung STKIP PGRI Sumenep, Madura, Jawa Timur. Senin, (29/07/2019).

https://gempardata.com/

Kegiatan tersebut dihadiri 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk BAPPEDA, dan Inspektorat Sumenep, serta sejumlah 120 orang peserta yang terdiri dari berbagai UMKM yang ada di Kabupaten Sumenep.

Sedangkan untuk Tim assesor sendiri ada 5 orang yang kesemuanya berasal dari Universitas Merdeka Malang.

Kepala Dinas Koprasi Sumenep, Drs. Fajar Rahman, M.Si menyampaikan, banyak terima kasih atas antusiasme peserta dan berharap agar kesempatan ini digunakan sebaik-baiknya, karena Dinas Koperasi baru tahun ini mengadakan acara seperti ini dan berharap acara ini dilaksanakan secara rutin.

“Bagi peserta gunakanlah kesempatan kegiatan ini dengan sebaik mungkin, ikuti uji kompetensi ini sebaik-baiknya, karena disitu kita bisa membaca sejauh mana kemampuan para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya.” katanya.

Kegiatan Uji Kompetensi terhadap pelaku usaha ini kita menggunakan metode tes tulis dan tes wawancara bagi masing-masing peserta, agar bisa membaca sampai dimana kemampuan para pelaku usaha untuk mencari jaringan sendiri nantinya.

“Selain kegiatan uji kompetensi juga diadakan sosialisasi bagaimana cara kita agar bisa mengembangkan usaha bukan hanya perseorangan, tetapi juga bisa di bentuk kelompok, dan bagaiamana cara menjalankan usaha berbentuk kelompok yang secara pemasarannya lebih gampang di bandingkan perseorongan.” jelasnya.

Selain itu, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kompetensi SDM di bidang Koperasi dan UMKM, yang salah satunya melalui kegiatan Uji Konpetensi Pelaku Usaha ini agar lebih meningkatkan kompetensi SDM Koperasi dan UMKM nya.

“Kegiatan kompetensi bagi para pelaku usaha dan UMKM ini juga untuk meningkatkan daya saing, mengingat pemberlakuan MEA, sangat berpengaruh kepada banyak masuknya tenaga kerja asing yang mengakibatkan persaingan semakin ketat.” ucapnya.

Selain memberi bekal pelatihan dan sertifikat, pihaknya juga menyarankan agar pelaku usaha yang sudah mendapatkan pelatihan dan sertifikat nanti agar bisa mengembangkan usaha mikro kedepan lebih maksimal.

“Apalagi dengan adanya sistem IT yang saat ini sudah berkembang para pelaku usaha mikro diharapkan bisa menggunakan dan memamfaakan untuk memasarkannya serta bisa memperbesar jaringan dan skala usaha.

Sementara, dalam kegiatan tersebut di bagi dalam 3 (tiga) paket diantaranya yaitu, Bidang Pemasaran, Bidang Usaha Mikro, dan Bidang bisnis plennya. tutupnya. (seno/why)

https://gempardata.com/