oleh

Berikut Hasil Seleksi Calon Paskibraka Provinsi Jawa Timur Tahun 2020

SUMENEP, Gempardata.com – Dalam rangka persiapan pelaksanaan upacara bendera pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 sudah dipersiapkan dengan matang.

Salah satunya mempersiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang merupakan bagian tak terpisahkan dalam kegiatan yang sudah menjadi tradisi tahunan di Indonesia.

https://gempardata.com/

Untuk itu, Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) setempat gelar seleksi Calon Anggota Paskibraka (Capaska) 2020 dengan ukuran tinggi badan 175cm laki-laki dan 165cm untuk ukuran tinggi badan perempuan.

Diketahui, proses seleksi para Capaska itu dibuka langsung oleh Kepala Disparbudpora Sumenep, Drs. Bambang Irianto, M.Si bertempat di depan Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumenep dan seleksi tahap pertama dimulai pada tanggal 22 sampai 23 Februari 2020.

Hal itu terbukti disampaikan oleh Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga (Kabid Pora) Disparbudpora Sumenep, H. Subiyakto, SH., MH saat ditemui media Gempardata.com di ruang kerjanya, Jumat (22/5/2020).

Para peserta paskibraka saat mengikuti pelatihan

Ia menjelaskan, Capaska (Calon Paskibraka) yang mengikuti seleksi tahap pertama sebanyak 423 orang dengan rincian 229 laki-laki dan 194 perempuan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

“Dengan Masing-masing Kabupaten/Kota harus mengirimkan enam peserta, yaitu tiga orang putra dan tiga putri. Untuk persiapan Nasional” terangnya.

Menurut Subiyakto, dengan terus melakukan latihan lebih intens lagi pada pagi dan sore hari, diharapkan konsentrasi Paskibraka akan lebih optimal.

“Sebab, diakuinya, latihan Paskibraka tahun ini harus dilakukan dengan kewaspadaan mengingat terhadap penyebaran Covid-19 di wilayah setempat” ujarnya.

Sisi lain, ditambahkan Subiyakto, hal tersebut juga menjadi motivasi kepada anggota paskibraka untuk tetap latihan dengan penuh ekstra konsentrasi, meski dalam kondisi apapun.

“Ini merupakan tantangan untuk kesuksekan tugas yang diembannya sebagai anggota Paskibraka guna menyukseskan kegiatan upacara bendera HUT ke-74 RI ini di istana presiden 2020,” tukasnya.

Adapun daftar peserta yang lulus seleksi calon paskibraka (CAPASKA) Provinsi Jawa Timur tahun 2020 :

(1) Adi Nugroho, dari MAN Sumenep

(2) Roisi Hakim, dari SMAN 1 Sumenep

(3) Lutfhi Yulianto, dari SMAN 1 Sumenep

(4) Khoirun Nisa, dari SMAN 1 Kalianget

(5) Cahya Kamilah, dari MAN Sumenep

(6) Ajeng Fenindia Erfinia, dari SMAN 1 Sumenep.

(sheno/dein)

https://gempardata.com/

Berita Terbaru